Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaspersky Mengungkap Operasi Phishing Penjahat Dunia Maya

Ilustrasi kejahatan siber [Antara]

Belakangan ini, kata "phishing" sering digunakan. Karena keampuhan dan kesederhanaannya, metode penetrasi ini digunakan oleh penjahat dunia maya.

Phishing adalah sejenis kejahatan online yang bertujuan mengelabui pengguna agar memberikan informasi login mereka. Kata sandi, nomor kartu kredit, informasi rekening bank, dan data pribadi lainnya adalah contohnya.

Penjahat dunia maya pada dasarnya adalah pengikut tren. Mereka menyadari subjek yang sedang tren yang mungkin mereka manfaatkan. Menurut Adrian Hia, direktur pelaksana untuk Asia Pasifik di Kaspersky, "Ini adalah metode rekayasa sosial yang memainkan jiwa manusia, itulah mengapa sulit untuk menolak mengklik tautan asing, yang pada akhirnya bisa berdampak buruk bagi kita. .

Misalnya, spesialis Kaspersky akan mengawasi masalah phishing umum pada tahun 2022, memanfaatkan hal-hal seperti uang kompensasi, insentif, dan bahkan pengembalian uang.

Di masa krisis dan ketidakstabilan, bonus dan dana kompensasi sulit ditolak, itulah sebabnya "bantuan keuangan" sering digunakan oleh penipu untuk menipu orang dan mengambil uang mereka.

Di tahun 2022, "kampanye promosi dari bank-bank besar" adalah iming-iming yang umum.

Ancaman kejahatan siber [ANTARA]

Pilihan untuk menerima pembayaran satu kali atau untuk berpartisipasi dalam survei kualitas layanan dengan biaya disajikan kepada pengunjung situs web di situs palsu.

Misalnya, ada kasus penipuan di negara-negara dengan mayoritas Muslim, seperti pengiriman paket amal yang dilaporkan dikirim sebagai bagian dari program "Bantuan Ramadan", yang berupaya membantu keluarga berpenghasilan rendah selama Ramadan.

Harga makanan dan perlengkapan rumah tangga seringkali lebih mahal selama bulan Ramadan.

Meningkatnya biaya listrik dan biaya sumber daya alam telah mendorong beberapa pemerintah untuk mulai berbicara tentang kompensasi rumah tangga.

Pengumuman pembayaran dapat dikirim melalui SMS, email, atau surat biasa.

Penjahat dunia maya mencoba memanfaatkan situasi dengan membuat situs web yang terlihat seperti situs web resmi dan menawarkan uang untuk membayar tagihan listrik atau biaya kompensasi.

Dengan kedok untuk menentukan kelayakan mereka, pengunjung terkadang dimintai informasi pribadi atau untuk mengisi kuesioner.

Di Singapura, penipu mengklaim bahwa ada biaya ganda untuk pasokan air dan menjanjikan pengembalian uang.

Dalam hal ini, tidak ada alasan krisis energi atau sumber daya, namun otoritas pasokan air tetap mengajukan pengembalian dana.

Di Asia Tenggara, "solusi kami memblokir lebih dari 43 juta serangan phishing terhadap pengguna kami tahun lalu," kata Hia.

Jelas, katanya, phishing adalah cara yang sering digunakan penipu.

Sifatnya memerlukan keterlibatan pengguna, yang mungkin sesederhana mengklik tautan atau membuka file.

Oleh karena itu, katanya, "sangat penting bagi setiap orang untuk memahami bagaimana phishing benar-benar bekerja sehingga kita dapat mencegah agar tidak tertipu.

Posting Komentar untuk "Kaspersky Mengungkap Operasi Phishing Penjahat Dunia Maya"