Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UMKM di RI Bisa Menangis! Toko TikTok Berniat Dibuka Kembali

Ilustrasi. TikTok Shop bersiap untuk kembali beroperasi lagi di Indonesia usai sempat ditutup oleh pemerintah Indonesia.
Ilustrasi. TikTok Shop bersiap untuk kembali beroperasi lagi di Indonesia usai sempat ditutup oleh pemerintah Indonesia.

Setelah ditutup oleh otoritas Indonesia, TikTok Shop bersiap untuk dibuka kembali di sana.

Temmy Satya Permana, Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan langsung di Jakarta, Jumat, 17 November 2023, bahwa aplikasi jejaring sosial dipastikan diperbolehkan kembali berjualan.

“Tunjukkan. Saya akan buka informasi yang saya dapat dari TikTok dan pastikan sesuai dengan regulasi RI,” ujarnya.

Temmy mengatakan TikTok Shop akan bekerja sama dengan toko online yang pernah berbasis di Indonesia.

"Tapi saya takut untuk ngomong dulu. Tapi bisa saja dia memutuskan untuk bergabung (e-commerce). Mungkin karena menurut saya tidak jadi kalau dia membuat PT sendiri," lanjutnya.

Meski begitu, Temmy menekankan bahwa TikTok harus mematuhi dan mengubah rencananya sesuai dengan undang-undang yang sekarang berlaku di Indonesia. CEO TikTok Shou Zi Chew dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dijadwalkan bertemu pada 20 November 2023.

“Sebenarnya kami sudah mengajukan permintaan itu pada 20 November. Namun, CEO belum memberikan tanggapan, kata Temmy.

Menurut Temmy, TikTok sebenarnya sudah mulai melakukan perubahan regulasi untuk melepaskan TikTok Shop dari platform media sosialnya. Namun TikTok belum bisa menyelesaikan izinnya karena terbatasnya waktu penerbitan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023.

Selain itu, Temmy menilai tidak akan menjadi masalah jika nantinya TikTok menjadi bagian dari bisnis e-commerce lain. Pada akhirnya, masyarakatlah yang mempunyai keputusan akhir dalam memilih barang yang akan mereka beli.

“Jadi di negara kita (TikTok) itu gratis, tapi di tempat asalnya dikontrol? Enggak kok, sayang sekali kalau Bu Yu yang menawarkan barang-barang untuk membuat hijab, harus mengalah pada barang-barang dari luar negeri,” ujarnya.

Posting Komentar untuk "UMKM di RI Bisa Menangis! Toko TikTok Berniat Dibuka Kembali"