Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjahat Dunia Maya Menggunakan Situs Web dan Email Phishing untuk Memanfaatkan Konflik Israel-Hamas

Ilustrasi Scam. [Pixabay/BearyBoo]

Kaspersky telah menemukan skema penipuan yang memanfaatkan konflik Israel-Hamas.

Dengan menyesatkan calon korban agar memberikan sumbangan, para penyerang berharap dapat memanfaatkan kebutuhan masyarakat untuk membantu orang yang membutuhkan, yang pada akhirnya mengakibatkan pencurian finansial.

Lebih dari 500 email palsu telah disebarluaskan oleh penipu, dan mereka bahkan membuat situs web palsu.

Kaspersky menyarankan konsumen untuk mewaspadai penerima kontribusi mereka dan bersikap proaktif dalam melakukannya.

Ada beberapa penipuan amal palsu yang memanfaatkan tragedi atau bencana yang sebenarnya. Sayangnya, tidak ada perbedaan antara konfrontasi Israel-Hamas.

Para ahli dari Kaspersky melihat adanya peningkatan email palsu berbahasa Inggris yang mengaku sebagai permintaan kontribusi bagi para korban pertempuran.

Ilustrasi konflik Israel-Hamas. (freepik)

Solusi keamanan organisasi mengidentifikasi lebih dari 540 email ini.

Penyerang bertujuan untuk mengelabui calon korban agar memberikan hadiah fiktif dengan menggunakan taktik rekayasa sosial tingkat lanjut untuk memanfaatkan keinginan orang untuk memberikan bantuan.

Penyerang menyamar sebagai organisasi amal dan menggunakan bahasa emosional untuk mengelabui pengunjung agar mengklik tautan palsu di situs web, lalu mereka meminta sumbangan.

Email palsu ini dikirim dari beberapa alamat.

Penipu mempermudah pengiriman uang dengan memberikan pilihan untuk berbagai transaksi mata uang kripto, termasuk yang menggunakan Bitcoin, Ethereum, Tether, dan Litecoin.

Analis Kaspersky menemukan beberapa situs palsu yang mengaku mengumpulkan donasi untuk berbagai pihak di zona konflik dengan menggunakan alamat dompet.

Sayangnya, situs palsu seperti ini dapat menyebar dengan cepat, mengubah tampilannya, dan berfokus pada berbagai demografi.

Sebaiknya tinjau halaman tersebut dengan cermat sebelum memberikannya untuk mencegah penipuan.

Suasana penyelamatan warga Palestina [antara]

Situs web palsu sering kali tidak menyertakan rincian penting tentang penyelenggara, penerima manfaat, dan dokumen pendukung lembaga amal tersebut, atau situs tersebut tidak menjelaskan secara jelas bagaimana donasi mereka digunakan.

Posting Komentar untuk "Penjahat Dunia Maya Menggunakan Situs Web dan Email Phishing untuk Memanfaatkan Konflik Israel-Hamas"