Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK dimulai jam berapa? Lihat berita BKN terkini

Pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK dimulai jam berapa? Lihat berita BKN terkini
Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menjawab pertanyaan jam berapa pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK akan dibuka? Ilustrasi Foto: tangkapan layar zoom

Jadwal pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK telah dirilis Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang menjabat sebagai Ketua Panitia Seleksi Nasional Calon Pegawai Negeri Sipil (Panselnas CASN). Masa pendaftaran berlangsung mulai hari ini, 20 September hingga 9 Oktober. Selain itu, antarmuka SSCASN BKN tercatat beroperasi tanpa kendala pada pagi ini. Namun pelamar akan diberitahu bahwa pendaftaran CASN 2023 belum tersedia di halaman depan website sscasn.bkn.go.id. Dinyatakan "SEGERA!!! 20 September 2023" segera setelah Anda mengakses meja bantuan, yang mungkin meringankan beberapa kandidat potensial.

Fakta bahwa pelamar kini agak lega dengan informasi tersebut menjadi petunjuk bahwa pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 akan diluncurkan hari ini. Apakah tepat jika dikatakan bahwa batas waktu pendaftaran CASN 2023 telah dihilangkan? Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Suharmen berharap pihaknya tidak mengubah timeline lebih lanjut karena dapat mengganggu langkah selanjutnya.

Deputi Suharmen mengatakan kepada JPNN.com, Rabu, “Hal ini sudah berulang kali saya tekankan kepada teman-teman di BKN, terutama yang mempunyai kewenangan mengawasi lembaga, agar mendorong mereka untuk segera menyelesaikannya.” Berdasarkan laporan yang dilengkapi bukti foto dan video, beberapa pegawai BKN bekerja ekstra hingga pukul tiga pagi, ujarnya.

Mereka terus berupaya mempercepat dan mendukung lembaga dalam memastikan keabsahan formasi.

Dibuka jam berapa jika jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 tidak ditunda lagi? Wakil Suharmen tidak memberikan tanggapan konklusif. Ia mengatakan perlu mengkaji terlebih dahulu hasil verifikasi formasi. Mengingat pengumuman CASN 2023 harus dilakukan sekaligus dan tidak bisa dilakukan sedikit demi sedikit. “Harus daftar CPNS 2023, PPPK guru, PPPK tenaga kesehatan, dan PPPK tenaga teknis sekaligus. Kalau tidak, berpeluang terjadi kerumunan masyarakat, ujarnya. sistem SSCASN BKN, hingga 19 September sore, sejumlah instansi daerah masih belum selesai verifikasi.Rencana pengadaan CPNS dan PPPK tahun 2023 ditunda, sesuai keterangan BKN sebelumnya.Keterlambatan ini disebabkan pada dua faktor, yaitu: 1. Sesuai dengan Keputusan MenPAN-RB Nomor 571 Tahun 2023, proses pemenuhan tuntutan peran fungsional teknis pada pengadaan PPPK Tahun 2022 masih terus berjalan secara optimal. 2. Proses verifikasi dan validasi formasi di sesuai ketentuan yaitu minimal 2% bagi pelamar penyandang disabilitas dari jumlah penetapan kebutuhan yang diterima, pembagian komposisi kebutuhan khusus yaitu honorer K2 dan honorer non ASN maksimal 80%; dan persyaratan umum yakni minimal 20% pendaftar baru masih dilakukan oleh instansi pusat dan daerah.

Pada tanggal 19 September hingga 3 Oktober 2023 akan berlangsung pengumuman seleksi CPNS dan PPPK. seleksi administrasi tanggal 20 September s/d 9 Oktober 12 Oktober s/d 20 September. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 13–16 Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Posting Komentar untuk "Pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK dimulai jam berapa? Lihat berita BKN terkini"