Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Udara segar di danau yang berjarak 69 kilometer dari Bandar Lampung ini mungkin bisa membantu mengurangi rasa lelah

Danau Bekri salah satu tempat wisata unggulan di Kabupaten Lampung Tengah
Ilustrasi Danau Bekri salah satu tempat wisata unggulan di Kabupaten Lampung Tengah. [direktoripariwisata.id]

Tuanwara - Belum ada objek wisata tepi pantai di Kabupaten Lampung Tengah. Meski demikian, bukan berarti Lampung Tengah kekurangan daya tarik wisata yang unik.

Tempat wisata Kabupaten Lampung Tengah berikut ini wajib Anda kunjungi jika pernah ke kawasan tersebut.

1. Sungai Pegadungan

Penduduk setempat mengandalkan Sungai Pegadungan yang mengalir di samping hutan Taman Nasional Way Kambas. Berbagai jenis ikan air tawar dapat ditemukan di sungai yang lebarnya lebih dari 50 meter dan kedalamannya mencapai 12 meter.

Tak salah jika salah satu wisata alam yang paling memukau adalah Sungai Pegadungan yang terdapat di Desa Rantau Jaya Makmur, Kecamatan Putra Bekri, Kabupaten Lampung Tengah.

Sambil mendengarkan kicauan burung-burung, kita bisa menyaksikan indahnya tepian hutan Way Kambas. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat perahu-perahu kecil mengelilingi sungai Pegadungan.

Sayangnya, informasi mengenai keindahan alam di lokasi ini belum cukup untuk menarik pengunjung domestik dan internasional dari Kabupaten Lampung Tengah.

2. Danau Bekri

Danau Bekri tidak terlalu besar. Dengan air yang tenang dan pepohonan rindang di sekelilingnya, Danau Bekri berkembang menjadi destinasi wisata alam yang menenangkan untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang atau sebagai backdrop berfoto.

Kabupaten Seputih Mataram, di Lampung Tengah, adalah rumah bagi Danau Bekri. Lingkungannya tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandar Lampung. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 1-12 jam untuk perjalanan dari Bandar Lampung yang menempuh jarak sekitar 69 kilometer.

3. Danau Tirta Gangga

Wisatawan berduyun-duyun ke Danau Putra Gangga yang semi religius. Struktur candi dengan patung Bima mengalahkan naga Nemburnawa terletak di tengah danau.

Selain bisa menikmati keindahan alam Danau Tirta Gangga, wisatawan juga bisa memancing di sungai yang menjadi rumah bagi beragam spesies air tawar.

Desa Sakti Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah merupakan lokasi Danau Tirta Gangga berada. Perjalanan memakan waktu sekitar tiga jam dan menempuh jarak sekitar 100 kilometer jika berangkat dari Bandar Lampung.

4. Curup Tujuh

Desa Margajaya, Kecamatan Selaga Lingga, Lampung Tengah merupakan rumah bagi destinasi wisata Curup Tujuh. Pengunjung dapat menikmati pemandangan menakjubkan dan menyentuh air Curup Tujuh yang bersih dan murni.

Wisata Air Terjun Curup Tujuh jaraknya relatif jauh dari Kota Bandar Lampung; perjalanan ke sana mungkin memakan waktu dua hingga empat jam dan dianggap berjarak 120 hingga 140 kilometer.

5. Curup Lestari

Curup Lestari menawarkan gambaran menarik tentang air yang jatuh dari ketinggian 35 meter sambil dikelilingi dinding batu yang ditumbuhi tanaman merambat hijau liar.

Pengunjung dapat bersantai di dekat air terjun sambil menggunakan ponselnya untuk berfoto. Karena alirannya yang kecil, air terjun Curup Tujuh tidak terlalu berbahaya.

Anak-anak dan siapapun yang tidak bisa berenang sebaiknya tetap dijauhkan dari inti air terjun.

Lampung, Kota Batu, Kecamatan Pubian, dan Kabupaten Lampung Tengah menjadi lokasi Wisata Curup Lestari. Air terjun ini berjarak sekitar 68 kilometer dari Gunung Sugih, pusat pemerintahan kabupaten.

Posting Komentar untuk "Udara segar di danau yang berjarak 69 kilometer dari Bandar Lampung ini mungkin bisa membantu mengurangi rasa lelah"