Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Tempat Wisata Luwu Utara : 10 Tempat Menarik Untuk Dikunjungi

pegunungan limbong
Foto: Kemenparekraf RI

Ada beberapa lokasi wisata terkenal di Kabupaten Luwu Utara. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata di Kabupaten Luwu Utara yang dapat Anda nikmati untuk dikunjungi.

Menurut situs resmi Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, kawasan ini dikenal juga dengan nama Bumi Lamaranginang. Daerah ini terkenal dengan alam sekitar yang menakjubkan serta budaya yang khas dan beragam.

Simak informasi detailnya di bawah ini jika wisatawan tertarik mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Luwu Utara.

Tempat wisata di Kabupaten Luwu Utara

telah merangkum 10 usulan destinasi wisata di Kabupaten Luwu Utara dari berbagai sumber:

Pegunungan Limbong

Pegunungan Limbong, Luwu Utara
Pegunungan Limbong, Luwu Utara Foto: Kemenparekraf RI

Pegunungan Limbong mungkin bisa menjadi destinasi incaran para detikers yang gemar menjelajahi kemegahan alam.

Salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Luwu Utara yang cukup terkenal adalah Pegunungan Limbong. Pengunjung dapat menikmati kemegahan pegunungan yang luas dan persawahan penduduk setempat yang subur di lokasi ini.

Wilayah ini terlindung dari polusi udara karena jauh dari wilayah metropolitan. Pemandangan indah dan sejuk di sekitar pegunungan pasti akan membuat Anda merasa lebih baik.

Meski jauh dari pusat kota, tidak sulit untuk menjelajahi lokasi ini. Tersedia akses jalan untuk mobil pribadi maupun kendaraan umum seperti ojek.

Pegunungan ini terletak di Desa Limbong, Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara, sesuai dengan namanya Limbong. Tidak dipungut biaya apapun atau gratis untuk mengunjungi lokasi ini.

Air Terjun Bantimurung Bone-Bone

Air Terjun Bantimurung
Air Terjun Bantimurung, Luwu Utara Foto: Kemenparekraf RI

Salah satu tempat wisata di Kabupaten Luwu Utara adalah Air Terjun Bantimurung Bone-Bone.

Air terjun ini tingginya 15 meter. Sebuah badan air yang menyerupai kolam terletak di bawah air terjun. Kolam renangnya bisa digunakan untuk berenang atau sekedar bersantai. Lubang airnya cukup dalam, oleh karena itu disarankan untuk berhati-hati.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam air terjun yang menakjubkan serta keteduhan pepohonan di sekitarnya yang dapat memberikan efek menyejukkan.

Lokasi ini menawarkan sejumlah fasilitas, antara lain gazebo, toilet, musala, tempat parkir, dan tersedia penginapan.

Anda boleh mengendarai mobil atau kendaraan bermotor untuk sampai ke air terjun ini. Lokasinya berada di Kecamatan Bone-Bone, Desa Bantimurung Kabupaten Luwu Utara.Salah satu tempat wisata di Kabupaten Luwu Utara adalah Air Terjun Bantimurung Bone-Bone.

Air terjun ini tingginya 15 meter. Sebuah badan air yang menyerupai kolam terletak di bawah air terjun. Kolam renangnya bisa digunakan untuk berenang atau sekedar bersantai. Lubang airnya cukup dalam, oleh karena itu disarankan untuk berhati-hati.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam air terjun yang menakjubkan serta keteduhan pepohonan di sekitarnya yang dapat memberikan efek menyejukkan.

Lokasi ini menawarkan sejumlah fasilitas, antara lain gazebo, toilet, musala, tempat parkir, dan tersedia penginapan.

Anda boleh mengendarai mobil atau kendaraan bermotor untuk sampai ke air terjun ini. Lokasinya berada di Kecamatan Bone-Bone, Desa Bantimurung Kabupaten Luwu Utara.

Air Terjun Sarambu Alla

Air Terjun Sarambu Alla
Air Terjun Sarambu Alla, Luwu Utara Foto: Kemenparekraf RI

Air terjun Sarambu Alla terletak di kawasan hutan alami Kabupaten Luwu Utara. Dengan demikian, Detikers dapat menemukan beragam karakteristik vegetasi hutan, termasuk burung, kupu-kupu, dan capung.

Kawasan di sekitar air terjun sungguh unik dan indah, dengan berbagai pepohonan yang tumbuh tak menentu dan hamparan bebatuan yang panjang. Air di air terjun ini terkesan jernih dan dingin karena dialiri oleh Sungai To'Nangka.

Terdapat fasilitas seperti gazebo, toilet umum, ruang ganti, hingga warung mungil untuk memuaskan perut keroncongan saat berkunjung ke lokasi ini.

Detikers cukup membeli tiket masuk dengan harga antara Rp5.000 hingga Rp10.000 per orang jika berminat.

Kendaraan roda dua maupun roda empat bisa sampai ke jalan tersebut. Kawasannya berada di Desa Kalotok Kabupaten Luwu Utara, Kecamatan Sabbang.

Bukit Wakatar

Kunjungi Bukit Wakatar jika Anda merencanakan perjalanan bersama keluarga atau rombongan besar.

Pasalnya di lokasi ini terdapat 10 unit gubuk yang siap huni, dan jika ingin berkemah tersedia 70 lokasi yang bisa membangun tenda dengan sistem penerangan PLN. Ingatlah bahwa terdapat 4 toilet dan musala serta tempat ibadah.

Anda akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan dengan suasana menyenangkan di bawah pepohonan pinus selama berada di Bukit Detikers. Pastinya Anda tidak akan menyesal mengunjungi Detikers.

Nah, kalau penasaran, lokasinya berjarak 70 kilometer dari Masamba, ibu kota Luwu Utara. Letaknya di Desa Limbong Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara.

Pemandian Alam Tamboke

Di hilir sungai terdapat destinasi wisata pemandian alam bernama Wisata Alam Tamboke.

Destinasi wisata Tamboke ini berupa sungai dengan air jernih jernih yang cocok untuk berenang.

Pengunjung lokasi ini dapat melakukan aktivitas tambahan termasuk piknik bersama keluarga atau pasangan romantis. Jangan lupa untuk mencatat waktu-waktu bersama agar menambah kenangan segar.

Akses gratis atau tanpa biaya tersedia ke lokasi ini. Namun detikers perlu menyediakan uang tambahan jika ingin menyewa perlengkapan bermain di sungai ini.

Selain itu, terdapat cottage di tepi sungai yang bisa disewa dengan harga sekitar Rp 50.000.

karena cukup mudah melewati jalan menuju ke Pemandian Tamboke. Detikers memiliki akses ke mobil pribadi dan angkutan umum. Lokasinya berada di Desa Tamboke Kabupaten Luwu Utara, Kecamatan Sukamaju.

Taman Lestari Sulikan

Taman Lestari Sulikan
Taman Lestari Sulikan Foto: Kemenparekraf RI

Tempat wisata yang populer adalah Sulikan Sustainable Park yang terletak di Kota Masamba, Kabupaten Luwu Utara. tepatnya di tepi Sungai Masamba.

Pada sore hari, taman ini sering kali ramai dikunjungi. Alasannya adalah karena taman ini memiliki perlengkapan bermain untuk anak-anak, seperti ayunan dan alat panjat. Selain itu, taman ini sangat ideal untuk kegiatan atletik seperti lari.

Selain itu, terdapat beberapa kursi yang dapat diakses di lokasi ini sehingga pengunjung dapat bersantai sambil menikmati pemandangan hijau yang indah dan angin sepoi-sepoi yang sejuk.

Di sekitar Taman Detikers, Anda dapat membeli berbagai jajanan dengan harga antara Rp 4.000 hingga Rp 20.000.000.

Pemandian Alam Sulili Baebunta

Pemandian Alam Sulili Baebunta
Pemandian Alam Sulili Baebunta Foto: Kemenparekraf RI

Ingin mengajak keluarga dan anak berlibur? Pilihan terbaik adalah pemandian alami Sulili Baebunta.

Hal ini dikarenakan kawasan ini terkenal memiliki air sungai yang bersih dengan arus yang tenang dan kedalaman yang cocok untuk anak-anak. Alhasil, akan terasa nyaman mengajak anak-anak berenang di sini.

Detikers juga bisa melakukan aktivitas menegangkan selain berenang, seperti river tubing yang dirancang untuk orang dewasa.

Jika detiker tak puas seharian bermain air, ditawarkan persewaan berupa homestay, dan banyak tempat untuk mendirikan tenda.

Tiket masuk ke lokasi ini berharga Rp. 2.000 ditambah Rp. 2.000.000 untuk parkir. Jangan lupa untuk menyediakan uang ekstra agar Anda bisa menggunakan fasilitas yang lebih banyak.

Lokasi ini berada di Desa Wisata Baebunta, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, sesuai dengan namanya.

Bukit Tiro'soe

Pemandian alam Sulili Baebunta berada dekat dengan Bukit Tiro' Soe. khusus di kota wisata Baebunta, Kecamatan Baebunta, dan Kabupaten Luwu Utara.

Lokasi wisata ini memberikan daya pikat keindahan yang masih alami dengan dikelilingi pepohonan durian sehingga menimbulkan efek kesejukan. Detikers bisa langsung memakan durian di bawah pohonnya sepanjang musim durian, dan ini unik.

Detikers akan dimanjakan dengan beragam fasilitas gratis dan berbayar di lokasi ini. untuk fasilitas gratis termasuk taman bermain untuk anak-anak dan gazebo.

Fasilitas fee based berupa tenda seharga Rp. 50.000.000. Namun Detikers cukup membayar Rp. 25.000 untuk menyewa tempat jika memiliki tenda sendiri. Ada kolam renangnya juga. Tiket anak-anak seharga Rp 15.000 saat weekday, Rp 20.000 saat weekend, serta Rp 20.000 untuk anak-anak dan Rp 25.000 untuk dewasa.

Selain itu, sepeda motor gantung dan Flying Fox juga tersedia dengan harga yang sama yaitu Rp. 15.000 ribu per sewa. Anda cukup membayar Rp 5.000 untuk parkir.

Terdapat spot untuk membeli makanan dengan menu yang beragam jika detikers lapar.

Anda boleh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk menempuh perjalanan menuju lokasi ini.

Agrowisata Buntu Lemo

Agrowisata Buntu Lemo
Agrowisata Buntu Lemo, Luwu Utara Foto: Kemenparekraf RI

Salah satu obyek wisata alam Kabupaten Luwu Utara adalah Agrowisata Buntu Lemo.

Destinasi wisata ini dikelola secara pribadi oleh penduduk setempat. Selain menanam tomat di lahan miliknya, ia juga memanfaatkannya sebagai destinasi wisata populer.

Menariknya, ada dua keajaiban alam di sini sekaligus. Anda mungkin mengagumi luasnya pegunungan serta keindahan tanaman hortikultura yang tertata rapi

Anda bisa belajar menanam tanaman hortikultura saat mengunjungi Detikers selain belajar tentang pariwisata.

Lokasi ini dapat diakses dengan berjalan kaki. Meski kaki Anda pegal, semuanya akan terbayar bila mata Anda dimanjakan dan pesona alam yang indah terpancar.

Lokasi ini buka setiap hari, dan tiket masuknya Rp 5.000 per orang. Kawasannya berada di Desa Rinding Allo Kabupaten Luwu Utara, Kecamatan Limbong.

Bukit Batu Kembar

Pengalaman segar dan menyenangkan bisa ditambah dengan mendaki Bukit Batu Kembar.

Detikers mungkin akan melihat daya pikat keindahan alam dengan sejuknya udara pegunungan yang mengalir di puncak bukit. Detikers juga bisa melihat keseluruhan wilayah di dua kecamatan sekaligus dari puncak bukit ini, yakni Kecamatan Bone-Bone dan Sukamaju.

Saat malam tiba, kemegahan dan gemerlap lampu kedua kecamatan akan terlihat di atas bukit.

Penduduk setempat menyebut lokasi ini dengan sebutan Bukit Batu Kembar karena konon dua bongkahan batu yang ada di bukit ini merupakan kembar identik atau bentuknya sama persis.

Selain itu, terdapat sebuah gua di samping bukit yang menampung peti mati kayu berisi sisa-sisa manusia purba.

Rute yang harus Anda lalui untuk mencapai lokasi ini berliku. Begitu banyak wisatawan yang memutuskan untuk berjalan-jalan. Namun Detikers mempunyai akses terhadap kendaraan bermotor jika mereka memilih untuk tidak melakukannya.

Desa Patoloan, Kecamatan Bone – Bone, Kabupaten Luwu Utara adalah tempatnya.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Tempat Wisata Luwu Utara : 10 Tempat Menarik Untuk Dikunjungi"