Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anies Larang Ahmad Sahroni Beri Tahu Bareskrim Soal SBY, Ini Alasannya

Anies Larang Ahmad Sahroni
Bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan. [Tangkapan layar YouTube NasDem TV]
Anies Baswedan, calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), melarang Ahmad Sahroni, Bendahara Umum Partai NasDem, memberi tahu Bareskrim Polri tentang kasus penyebaran informasi palsu atau hoaks. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Dewan Tinggi Partai Demokrat.

Menurut Sahroni, Anies berpesan agar dirinya lebih konsentrasi menyusun rencana bersama pasangannya Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk memenangkan pemilu presiden 2024.

Tadi saya mendapat pesan WhatsApp dari Pak Anies yang meminta hal serupa (tidak melapor). Terkait rencana memenangkan capres 2024, Pak Anies ingin konsentrasi ke depan, kata Sahroni saat berbicara di Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 9 April 2023.

Saat SBY pertama kali dituding menyebarkan rumor kesepakatan proklamasi Anies-Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY pada awal September 2023, Sahroni berniat melaporkannya. Namun laporan itu batal karena Surya Paloh, Ketua Umum NasDem, melarangnya.

“Meski saya bermaksud melapor, saya harus segera menelepon Ketua Umum karena saya sedang dalam perjalanan. Sahroni mengaku, “Tetapi Pak Surya menyuruh saya untuk tidak melaporkan yang bersangkutan.

Umum Partai Nasional Demokrat
Bendahara Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Ahmad Sahroni di Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (4/9/2023). (Suara.om/Yasir)

Dalam pertemuan di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, 25 Agustus 2023, Sahroni menyebut pernyataan SBY soal kesepakatan deklarasi Anies-AHY tidak benar alias bohong.

Saya katakan, tidak ada pembicaraan seperti itu, padahal Pak SBY sebenarnya sudah meminta deklarasi pada 3 September. Jadi pernyataan Pak SBY itu salah. Tidak ada, sehingga Sahroni berkomentar, Tidak ada yang Anies AHY akan diumumkan pada awal September.

Sahroni mengatakan, dirinya hadir dalam pertemuan tersebut saat itu. Dia menyoroti, berbeda dengan pernyataan SBY, tidak ada kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan dua jam itu.

Saya menghabiskan dua jam di ruangan itu mendengarkan Pak SBY bercerita tentang pengalamannya memulai kampanye presiden tahun 2004.

Deklarasi Anies-AHY awal September

Anies bertemu dengan SBY pada 25 Agustus 2023 di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, dan mereka membicarakan rencana deklarasi caper dan cawapres yang sudah diputuskan pada awal September, sesuai pernyataan SBY sebelumnya. Tim 8 berpartisipasi dalam percakapan.

Pak Anies duduk di sini pada 25 Agustus 2023 yakni seminggu yang lalu didukung tim 8. Saat jumpa pers yang ditayangkan di YouTube Partai Demokrat, Jumat, 9 Januari 2023, SBY mengatakan AHY tidak selalu hadiah.

Ia mengatakan, “Anies menyampaikan kepada saya bahwa semua orang mendengar bahwa aliansi ini akan dicanangkannya pada awal September mendatang dalam perannya sebagai calon presiden, bersama dengan calon presiden dan wakil presiden yang telah terpilih.

Faktanya, menurut SBY, Anies memang telah menunjuk Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia menegaskan, AHY merupakan calon wakil presiden yang mendapat dukungan dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Namun, hari ini yang kami dapatkan adalah sesuatu yang sangat mengejutkan, ujarnya.

SBY kecewa dengan hal itu. Bahkan Anies digambarkan sebagai sosok yang tidak jujur dan tidak bisa diandalkan oleh presiden keenam RI sebelumnya.

“Nah, kamu sudah tidak siddiq lagi, kamu tidak bisa diandalkan, dan kamu tidak menepati janji. Apa jadinya jika kamu mendapat posisi pemimpin yang berkuasa? Akhirnya, katanya.

Posting Komentar untuk "Anies Larang Ahmad Sahroni Beri Tahu Bareskrim Soal SBY, Ini Alasannya"